Minggu, 28 Mei 2017

Baru beli HP android?. Pastikan kamu melakukan hal ini agar tidak lupa password!



Androblox. Anda baru beli HP android baru?. Banyak yang bilang kita harus sedia payung sebelum hujan. Ada kalanya memang pepatah itu benar. Sebaiknya anda juga harus melakukan persiapan jika sewaktu-waktu HP yang anda beli ini ternyata mengalami kecelakaan, bisa berupa apa saja. 

Dalam hal ini, saya ingin berbagi tentang bagaimana mereset Password android yang benar-benar work. Karena sejujurnya di internet banyak sekali sumber yang ketika saya coba dengan perangkat saya ternyata tidak bisa. Dan juga saya pernah diminta bantuan seseorang untuk membuka kunci password suaminya. Karena ada kecurigaan tentang suami. 

Sebelumnya, jika anda memang baru membeli HP android lebih baik pastikan anda mempersiapkan beberapa hal berikut : 

  • Catat e-mail dan password yang anda gunakan untuk HP android anda.
  • Buat Akun Find My Samsung
Nah 2 hal tersebut menurut saya vital sekali. Karena jika anda tidak melakukannya mungkin akhirnya anda akan kerepotan jika lupa password, atau bahkan lupa email. 2 Hal tersebut sangat membantu anda kedepan.

Mencatat Email dan Password

Catat lah email yang akan anda gunakan untuk Hp android yang baru anda beli. Mungkin anda bisa anda gunakan kertas kecil, lalu simpan bersama di Box Hp anda. Ingat, Box Hp juga jangan dibuang karena nanti itu akan berguna jika anda berniat menjual android anda. HP yang masih ada Box nya lebih cepat laku tapi kalau kondisi HP masih bagus.

Buat Akun Find My Samsung

Setelah anda membeli Hp, kalau sudah sampai rumah cobalah untuk membuat akun Find My samsung. Artinya , tips ini hanya untuk anda yang menggunakan Hp samsung. Saya juga pengguna HP Samsung karena memang Nama brand dan kualitasnya cukup baik. 

Mungkin perangkat yang lain juga punya trik yang sama. Anda bisa coba cari bantuan dengan mengetikan nama dari perangkat anda. Misalnya samsung.com atau nokia.com, lalu cobalah cari diwebsitenya bagian help. Cari bagaimana menemukan perangkat saya. 

Oke, 2 Hal itu saya rasa sudah cukup. Nah sekarang topiknya akan disambung dengan orang yang lupa password. Itulah kenapa saya menulis 2 hal diatas. Jika anda tidak melakukannya, maka kemungkinan anda akan kesulitan membuka password HP, betul?

HP android terkunci maka ada cara membukanya. Tentu saja anda harus tau Hp anda dikunci dengan cara apa?. 

Untuk mengunci android ada beberapa cara : 
  • Dengan Pola : Anda membuat pola random minimal 4 titik
  • Dengan Pin : Anda membuat kombinasi 4 angka atau lebih
  • Dengan Deteksi Wajah.
Kelamahan manusia adalah mudah lupa, maka untuk mengatasi lupa manusia harus mencatat, bukan mengingat

Lupa Pola

Biasanya seseorang itu lupa pola karena mengganti pola lama dengan yang baru. Ini mungkin juga tindakan preventif jika ada orang lain yang berusaha membuka HP kita karena sudah tau pola yang kita buat. Nah saking ingin hati-hatinya anda membuat pola yang titiknya lebih dari 4, dan teng.. anda lupa password.

 Jadi tips awal dari saya, untuk membuat pola baru anda bisa membuat pola yang mudah diingat lebih dari 4 titik, tapi tetap, dicatat polanya. Simpan ditempat aman. Dibuku atau dimana saja yang kira-kira gampang ditemukan. 

Contoh pola yang mudah diingat adalah membentuk huruf atau angka. Anda bisa pakai suatu bentuk visual tertentu. Misalnya Bulan sabit = C. Atau bendera = P, bentuklah pola yang mudah diingat. Tapi tetap dicatat.

Terkadang, pola yang anda buat akan dilirik orang. Jadi sebaiknya walaupun itu adalah teman anda atau orang dekat anda, saat anda membuka pola, pastikan orang tersebut tidak melihat pola anda. Terutama jika anda mempunyai data penting seperti data perusahaan.

Lupa PIN

Untuk orang yang lupa pin, Pin itu adalah kombinasi angka. salah satu kesalahan yang sering kita buat adalah karena angka 1,2,3,4,5,6 itu mudah diingat, maka password android kita pun pakai angka itu. Saya pernah membuka hp teman saya secara sengaja, iseng saja. Dan ternyata dugaan saya benar, dia menggunakan password 1,2,3,4,5,6. 

Tips nya gunakanlah rumus angka = huruf , biasanya dipakai anak alay.
Misalnya saya mau buat password : ABAH = 48414 / 413414. GAJAH = 647414

A = 4
B = 8 dan atau 13 
E = 3
F = 7
G = 6 (huruf besar) atau 9 (huruf kecil)
H = 14 
I = I
J = 7
O = 0
R = 12
S = 5
T = 7
Z = 2

Dengan mengingat visual, anda akan ingat password anda. Tentunya ini sedikit lebih membantu.

Nah jika anda juga tidak menggunakan tips yang saya kasih dan terjebak dengan lupa password. Maka ada beberapa tips yang bisa anda coba syarat ketentuan berlaku.

Buka dengan menggunakan E-mail dan Password

Pertanyaannya adalah apakah anda mengingat email anda?. Dan apakah anda menginat passwordnya?. Seringkali ini terjadi karena anda jarang login mengunakan email. Kasusnya, anda beli Hp, pakai saja, tidak pernah pakai email,  lalu gonta-ganti password, lalu teng, ga bisa login. 

Ini lah mengapa diawal saya ingatkan untuk mencatat email dan password. Syarat untuk bisa membuka android anda hanyalah jika anda minimal mengingat emailnya.

Jika anda ingat email yang anda gunakan, maka anda pasti bisa membuka hp anda.

Google telah menyediakan berbagai fitur untuk mereset password anda kembali. Yang selama ini saya coba ada 3 cara : 

  • Terima Telpon dari mbah Google berisi kode untuk merubah password email (bukan HP)
  • Terima SMS dari si mbah berisi kode untuk merubah password email (bukan HP)
  • Menerima notifikasi dari mbah-e untuk di eksekusi.
Misalnya anda punya email : contohbodong@gmail.com dan lupa password.


Anda bisa pergi ke warnet, atau pinjam HP teman, atau apa saja yang penting bisa koneksi internet dan browsing ke Gmail.com

Lalu anda login saja dengan email anda tadi. 

Nanti kalau salah password, klik lupa password.

Setelah itu google akan mengirimkan SMS ke HP anda. Nah, syaratnya, saat anda membeli HP, anda harus memasukan nomer HP anda ke Gmail. Kalau anda tidak melakukannya maka anda nggak bakalan dikirimin SMS apa-apa. Ini karena google harus memastikan bahwa ini adalah pemilik asli dari HP, dan pemilik asli akun email.

Celaka 12 belas kalau Hp anda dicuri orang, orang dekat, dan dia tau email anda. Saya yakin pasti Hp anda bisa dibobol kalau anda juga menambahkan nomer HP ke GMail. 

Jadi mungkin tips yang saya kasih , sebaiknya saat anda mau memasukan nomer HP ke Gmail, nomer yang dipakai adalah nomer yang tidak dipasang di HP android anda. Jadi punya HP jadul 1 batang pasti ada gunanya.

Untuk Menermia Telpon dari mbah google, caranya sama saja.

Anda harus akses Gmail.com, lalu masukan email. Klik lupa password, dan pada opsi pemulihan, pilih terima telpon dari mbah google. Nanti anda akan ditelpon si mbah, tapi jangan kaget karena yang nelponnya bisa cewe atau cowo. Bahasanya inggris. Tapi bisa disetting jadi Indonesia.

Untuk Menerima notifikasi, dan perintah eksekusi reset password.
Saat ini, Hp anda mungkin lagi nggak bisa buka password, tapi masih bisa scroll down notifikasi. Masih bisa terima notifikasi. Tapi nggak bisa buka SMS dsb. Nah, di tab notifikasi nanti google akan kirimkan perintah Terima or Tidak, yang akan kita gunakan untuk mereset password.

Kalau anda kebingungan dengan penjelasan saya, sebaiknya anda praktik.  Dari awal, cobalah buat akun gmail baru, terus pura-pura lupa password, terus cobalah untuk mendapatkan password anda kembali.

jika kurang jelas, silakan klik DISINI AJA. Anda akan dijelaskan bagaimana mereset password gmail.

Back to topic

Setelah password anda direset melalui laptop/hp teman/komputer/warnet, sekarang anda bisa login ke gmail di HP android anda yang terkunci, dan anda akan bisa membuka HP anda kembali. Trik ini 100% sudah saya coba dan berhasil. 

Syarat : Anda menambahkan nomer HP di fitur Pemulihan Gmail.

Ada cara unik, katanya bisa dengan terima telpon dari orang, jangan diangkat tapi tekan home. Nanti bisa kutak-atik Hp dan reset password. Ya kalau semudah itu, maling jadi kaya dong. Eh, nggak juga sih. Hehe. Tapi jadi terlalu mudah untuk mengetahui rahasia suami/istri yang lagi aneh.

FACTORY RESET

Reset kepanjangannya Re-Setting atau Mengatur ulang. Kalau digabung dengan kata Factory maka akan menjadi : Mengatur 'kembali ke pengaturan pabrik'. 

Ketika anda benar-benar lupa alamat email, tidak menambahkan nomer telpon di opsi pemulihan gmail. Maka tidak ada jalan lain. Hanya dengan menggunakan Factory reset saja anda bisa mendapatkan Hp anda kembali.

Tapi cara ini beresiko menghapus semua data yang ada. Untuk Factory Reset bisa diakses dari menu Android Recovery Mode. Nah dikarenakan tiap-tiap android beda merek, beda juga cara masuk menu Recovery maka saya tidak tuliskan caranya disini. Anda bisa tanya ke mbah google, "Cara Hard Reset HP android (merk dan tipe android anda)". 

Cara ini 100% berhasil tapi tidak saya coba karena tidak ada kelinci percobaannya. Lalu kenapa saya katakan 100% berhasil?. Karena Hard Reset akan menghapus semua data yang ada. Jadi saya andai-andai saja ya, seandainya hp anda dicuri orang. Dia cuma pengen mainin Hp aja, nggak mau dijual, tapi nggak tau password, maka tinggal direset saja. selesai. 

Jadi, Untuk anda yang sedang punya masalah rumah tangga. Mungkin suami/istri anda sedang aneh, atau menyembunyikan data tertentu yang mencurigakan. Maka solusinya anda musti tau email dia. Itu saja. 

Hal ini juga berlaku bagi anda yang punya anak, dan ingin mengawasi jalannya kegiatan anak anda. Sementara dia memproteksi hpnya dengan lock screen. Mungkin anda bisa pinjam HPnya sebentar saja. Pura-pura untuk Telpon atau SMS. Catat Emailnya, jangan lupa tambahkan nomer HP ke opsi pemulihan Gmail. Ini artinya anda perlu membuka Gmail saat itu juga. 

Meski akhirnya cerita saya jadi kemana-mana tidak apalah. Yang penting anda paham. Dan kalau pun anda tidak paham, anda bisa langsung tanya dikolom komentar. Mudah-mudah terjawab, kalau tidak, biarlah waktu yang menjawab. Terimakasih sudah mampir.

1 komentar: