Kamis, 02 Juli 2015

Coli, game android yang aneh

Mendengar kata coli, tentu telinga anda akan sedikit melebar. Pasalnya, coli sendiri dalam kesehariannya sering disebut-sebut sebagai perbuatan yang masuk kategori 'anda tahu'. Bahkan beberapa orang ilmuwan kurang kerjaan juga ikut meneliti tentang manfaat coli. Padahal sudah tidak perlu diteliti lagi pun kita tahu bahwa itu tidak baik untuk kesehatan. Tapi kali ini, Coli yang dimaksud adalah game android. Karena aneh dan memang menarik, penulis pun iseng ikut menginstallnya. Penulis berpikir apakah benar ini game untuk 'itu'?



Kesan pertama yang ditangkap adalah, ini memang game untuk mempelajari cara coli. Dari cara memainkan game saja sudah diketahui kalau ini sesuai namanya. Di game ini kita disuruh untuk mengocok atau men-shake smartphone selama yang kita bisa. Setiap kali shake, kita mendapat satu poin. Dan bila poin sudah sangat banyak nanti bisa berlanjut ke tahap coli yang lebih sulit lagi. Namun permainan penulis berhenti saat itu juga. Mengapa?. Itu karena memang permainan ini sederhana, tetapi disatu sisi penulis melihat bahwa permainan ini menimbulkan madharat nantinya jika banyak orang yang memainkannya. Meskipun rata-rata memang jenis game android sekarang ini lebih banyak kearah 'sana'-nya dari pada yang mengarah ke pendidikan.

Tapi, game ini sendiri sempat meledak beberapa bulan lalu. Sempat jadi 10 besar di kategori game baru gratis terfavorit. Ini artinya, memang orang Indonesia masih gemar meneliti hal seperti ini. Apa lagi kecanggihan teknologi sekarang ini seperi menjadi tempat berkumpulnya pembodohan. Meski hanya game tapi pada kehidupan nyata, ini bisa membuat otak kita tumpul.

Menurut penulis game ini tidak ada unsur p*rn nya, tetapi lebih kepada mengajarkan seorang anak laki-laki untuk melakukan 'olah raga lima jari' pada kehidupan yang sesungguhnya. Akankah game ini dihapus dari google play store?. Ternyata hingga hari ini tidak dihapus. Akan tetapi google memberi sindiran berbau s3xual kepada game ini. 

Diharapkan para orang tua yang mempunyai anak dibawah umur untuk mengawasi setiap permainan yang diunduh. Karena saat ini rupaynya google memperbolehkan game seperti ini ada di playstore.

Sebetulnya penulis risih dengan ini. Jika pembuatnya adalah orang luar negri memang tidak masalah tetapi yang membuat adalah anak dalam negri. Dengan bahasanya dia mengatakan 'tunjukin kemampuan fapp kamu'. F6p adalah bahasa inggris dari coli itu sendiri. Penulis malu jika benar yang membuat ini adalah orang Indonesia. Bagaimana tanggapan anda?

1 komentar: