Selasa, 03 Februari 2015

Fungsi anti gores untuk layar android

Fungsi anti gores untuk layar android sebenarnya hanya satu. Melindungi layar dari segala macam goresan benda tajam. Tetapi perlu diketahui, ternyata tidak hanya yang tajam saja tetapi tangan kita yang lembut saja masih bisa menggoresnya. Tidak percaya?. Kalau begitu dilanjut.


Beberapa layar android sekarang sudah dibuat layaknya anti gores sehingga anda tidak perlu membeli plastik pelindung kaca ini. Antara lain, Corning Gorilla Glass adalah layar yang sudah didesain tahan gores. Meski demikian apakah sama sekali tidak akan tergores?. Saya ragu.


Fungsi anti gores untuk layar android

Pengertian Anti Gores.

Anti Gores dalam bahasa sehari-hari sering disebut sebagai anti gores saja. Tidak ada kata lain untuk itu. Ia adalah sebuah lapisan yang mampu menahan goresan apapun. Tetapi tidak seharusnya kita mencoba-coba untuk memotong anti gores yang sudah dipasang. Itu karena, lapisan anti gores tetaplah sebuah plastik yang bisa potong oleh benda tajam. Cara kerjanya adalah dengan meredam tekanan gores yang terjadi pada plastik. Jadi, jika plastik digores dengan tekanan lebih pasti akan putus. Cobalah mengambil cutter dan pegang sisi pinggirnya. Lalu pada bagian tengah tekan dengan ujung cutter dan perlahan-lahan gerakan memotong. Dan coba juga dengan menggosokannya ke kuku anda. Ini menginsikasikan bahwa anti gores tetaplah bisa rusak jika, benda yang menggores sangat tajam dan tekanan berlebih.

Perlukah memasang anti gores?

Jika handphone anda mahal. Ya harus. Meskpun penulis tidak punya hanphone mahal akan tetapi membeli anti gores adalah hal yang utama setelah membeli handphone baru. Alasannya, harga purna jual setelah layar tergores akan jatuh sekali. Setidaknya jika layar masih terlihat bersih maka orang akan senang melihatnnya dan kemudian ia memberi harga yang pantas untuk sesuatu yang bersih itu.

Anti gores tidaklah mahal, harganya mungkin saat ini sekitar 40 ribu rupiah saja. Itu sudah kualitas terbaik. Hal lain yang bisa anda dapat dengan anti gores adalah jenisnya berbeda.

Jenis Anti Gores

Anti gores terdiiri dari 2 tipe berdasarkan sifatnya.. Lalu dibagi menjadi 2 lagi berdasarkan bahan pembuatannya. 

Anti gores spy, adalah lapisan pelindung yang berwarna hitam tetapi masih tembus pandang. Ini sangat berguna untuk orang yang tidak mau apa-apanya terlihat dari samping. Biasanya, orang selalu mengintip apa isi dari handphone kita selama di Bus atau diperjalanan. Dengan anti gores Spy, otomatis penglihatan orang lain akan terhambat. Jadi anda bisa leluasa menggunakan handphone tanpa takut dilihat orang lain. Tapi ada kekurangannya, anti gores macam ini kalau pada siang hari akan memantulkan cahaya. Alhasil, nyala layar terlihat sangat redup karenanya.

Anti gores biasa, sama seperti spy namun ia memungkinkan orang lain melihat dari samping. Kelebihannya, meski siang hari anti gores ini tidak  begitu memantulkan sinar. Sehingga anda masih bisa melihat layar.

screen guard


sumber gambar : tokopedia.com

Anti gores doft. Jenis bahan doft akan membuat jari tanggan kita seperti menyentuh benda lembut. Ia akan tetap kering dikondisi apapun dan juga tahan dari air. Masalahnya, anti gores ini cenderung tidak tahan minyak. Jika ada minyak ditangan dan menempel maka sedikit sulit dibersihkan.

Anti gores glossy. Jenis mengkilap terasa kesat ditangan. Jadi untuk anda yang tangannya licin. Entahlah, ada tidak orang seperti itu. Tapi yang jelas ini akan membuat kita jadi tidak slippery. Atau tidak gampang meleset. Kekurangannya ia tidak tahan air. Kalau terkena air terlalu sering bisa lembab dan akhirnya makin kesat. Susah disentuh. Disini, ia akan mudah rusak hanya karena gosokan tangan.

Kesimpulan

Pasang anti gores itu perlu. Pemilihan bahannya juga adalah prioritas. Dengan memasang, berarti anda sudah melindungi hanphone dari kerusakan akibat goresan benda tajam pada layar.

0 komentar

Posting Komentar