Selasa, 30 Juni 2015

Ini penyebab utama boros kuota!

Androblox. Sudah umum jika android dikatakan boros kuota internet. Lantas sebetulnya apa yang membuat android begitu boros kuota?. Bukankah justru pemakaian yang tidak wajarlah yang membuat kuota cepat habis? Berikut ini akan kami sajikan sedikit data mengenai boros kuota dan bagaimana mencegahnya.

Sebetulnya, android memiliki pengaturan untuk mengatasi borosnya pemakaian internet.  Anda dapat mengeceknya di Pengaturan>pemakaian data. Disana sudah tersaji berbagai pilihan untuk mengetahui sumber utama penghabis kuota dalam jangka waktu tertentu. Misalnya saja pada perangkat saya, sejak tanggal 15 juni hingga 1 Juli ini saja ternyata Google play store lah yang menyedot kuota paling besar.  Mari kita lihat screenshot dibawah ini.

Penggunaan data

Google play

Pada data tersebut, aplikasi Google play telah menghabiskan hingga 213 MB data. Disusul Opera Mini yang menghabiskan hingga 91 MB data. Sehingga kita tahu sebetulnya pada perangkat tersebut pemakaian google play store harus dibatasi. Google play store mampu menyumbang hingga 213 MB data dikarenakan setiap ada aplikasi yang diunduh maka data tersebut akan terekam. Misalnya untuk mendownload game Castle clash sebesar 70 MB, Data tersebut akan terekam oleh android secara otomatis. Sehingga bisa dikatakan bahwa pengguna terlalu banyak memasang aplikasi.


Bagaimana dengan Opera mini browser?

Opera mini adalah browser yang diclaim mampu mengompresi data hingga 90%. Lalu mengapa tetap menjadi penyumbang tersbesar kedua?. Jawabanya adalah karena android juga merekam data downloadnya.  Dalam kurun waktu setengah bulan ini, pengguna melakukan download mp3 dan video oleh karena itu besarnya ukuran mp3 atau video tersebut diakumulasi menjadi data diatas. Sedangkan browser opera mini sendiri hanya mengompresi data browsing yang tidak lebih dari 10 Mb.

Game Castle Clash.

Game caslte clash adalah game online yang tentu saja dimainkan setiap saat. Penggunaannya sangat sering. Siang pagi malam, mungkin tidak terhitung lagi. Tetapi mengapa castle clash menempati urutan ketiga dengan pemakaian data yang kecil sekali?.  Disini penulis menyimpulkan bahwa game castle clash adalah game online yang tidak menghabiskan banyak data. Untuk membuka game dan memainkannya, tidak memerlukan pemakaian data seperti pada Google play. 

Dengan malakukan pengaturan pada batas pemakaian data android, maka setiap kali anda sudah melewati batas pemakaian data wajar maka akan ada notifikasi yang memberitahukan bahwa anda tidak boleh lagi menggunakan internet. Hal ini selain bisa menjadi pencegah tersedotnya pulsa karena lupa dan juga menghemat kuota anda. 

*pemakaian kuota setiap orang berbeda-beda. Data ini hanya mengambil dari satu perangakat saja.

1 komentar: