Senin, 21 Desember 2015

Bolehkah menyimpan dan membagikan file apk?

File apk diasumsikan oleh sebagian masyarakat sebagai file 'mentahan'. Banyak dari kita bertanya, bolehkah menyimpan dan membagikan file apk?. Dan apakah itu legal?. Sebelum menjawab, saya akan jelaskan dulu asalnya kenapa bisa ada apk.

Saat kita membeli android dan mulai menginstall aplikasi dari google play, kita terkadang merasa bosan dengan aplikasi tertentu baik itu game, aplikasi, buku, dan sebagainya. Sehingga untuk mengurangi pemakaian RAM (Random Acces Memory), aplikasi yang sudah jarang digunakan tersebut di-uninstall atau dihapus instalannya dari perangkat. Install disini berarti memasang, dan uninstall berarti mencopot.

Disinilah mengapa kemudian diciptakan aplikasi yang dapat memback-up aplikasi yang sudah terpasang di android. Jika kita memerlukan aplikasi yang sudah kita copot tadi, kita tidak perlu melakukan pemasangan dari google play. Cukup menggunakan file .apk yang ada dan melakukan instalasi.

Android APK typografi


Nah pertanyaannya adalah bolehkah menyimpan dan membagikan file apk ini?

Jawabanya adalah boleh dan tidak, tergantung dari, Apakah file apk yang anda bagikan adalah file yang dilarang untuk dibagikan atau tidak. File apk semacam black market adalah file yang dilarang untuk dibagikan dan jelas, google akan mengetahuinya dan menghapusnya segera setelah aplikasi tersebut terpasang diperangkat anda. Sedangkan file apk yang sah dan boleh digunakan adalah file yang anda mendownloadnya dari google play, atau minimal ada di google play. File apk semacam ini sangat boleh dibagikan karena itu akan menguntungkan pihak pengembang. 

Dari mana pihak pengembang mendapat keuntungan?. Tentu saja dari periklanan, jika anda membagikan file sebut saja 'koprol.apk', maka pihak pengembang akan tersenyum karena semakin banyak perangkat yang memasang aplikasi tersebut maka semakin banyak pula kesempatan pengembang untuk dapat menikmati pundi-pundi dari iklan yang dipasang pada aplikasi tersebut.

Jadi kesimpulannya, menyimpan dan membagikan file apk (yang sah dan aman) adalah diperbolehkan karena menguntungkan pihak pengembang.

2 komentar:

  1. informasi yang bermanfaat sekali ini min ...
    solder infrared

    BalasHapus
  2. Casino & Sports Betting | DRMCD
    Welcome to 창원 출장안마 DRMCD! We are the 파주 출장안마 leading provider 공주 출장안마 of sports and gambling information for the Las Vegas gambling 남양주 출장샵 industry. 춘천 출장마사지 Play online, ante-post,

    BalasHapus