Rabu, 07 Juni 2017

Pengen jual hp di FJB supaya cepat laku?. Intip caranya..



Androblox. HP Second adalah Hp yang telah dikeluarkan dari kardus pembelian. Jadi meskipun anda baru membeli HP android pagi tadi, lalu sore hari anda akan menjualnya maka HP anda sudah berstatus second. Mungkin anda berpikir akan mengganti HP dengan yang spesifikasinya lebih canggih. Dan anda sudah bosan dengan HP yang lama, tapi mau beli yang baru, dananya tidak mencukupi. Atau anda mau jual HP tapi ingin harganya lebih tinggi dari harga konter. Forum Jual Beli solusinya.

Kali ini saya coba akan memberikan tips bagi anda yang memang berminat dengan HP second. Bagaimana anda bisa menjual barang second sesuai dengan harga pasar, bahkan lebih tinggi sedikit.
Jadi, di FJB atau Forum Jual Beli adalah tempat yang pas untuk melakukan jual beli barang bekas atau pun baru dengan cara bertemu langsung (COD).

Saya lebih menyukai Grup Jual Beli di FB karena jumlah membernya sudah sangat banyak. Sehingga barang yang akan kita jual peminatnya juga banyak.

Jika anda adalah pemain baru, mungkin beberapa singkatan – istilah berikut ini akan membantu anda untuk menjual barang bekas anda supaya cepat laku.

TT : Tukar Tambah

BU : Butuh Uang

BT : BarTer (Barang tukar dengan barang)

COD : Cash On Delivery. Uang diberikan saat pengiriman barang artinya penjual dan pembeli harus bertemu langsung.

KW : Kualitas. KW merupakan barang tiruan yang kualitasnya ada yang sangat mirip ada juga yang hanya menyerupai tapi kualitasnya buruk.

Ori : Original. Barang masih Ori artinya barang adalah asli dari pabriknya.

Ongkir : Ongkos Kirim

CP : Kontak Person

PM : Private Message (Pesan pribadi)

Minus : Kekurangan barang, misalnya fitur finger print sudah tidak bisa digunakan. Maka anda mengatakan, “minus finger print”.

Bazel : Bazel adalah pelindung HP yang adanya disepanjang HP, biasanya dibuat dari bahan silver. Jika Hp anda jatuh, Bazel bisa membuat benturan yang terjadi kepada HP tersebar sehingga meminimalisir kerusakan.

Bocel : Tercuil, atau terkelupas.

Palkor : PHP atau Pemberi harapan palsu. Janjian mau ketemu, ditunggu-tunggu tidak datang. Atau janji barang mau dijual kepada anda tapi pas hari H mau ketemuan bilangnya barang sudah terjual. Anda sebaiknya menghindari hal ini ya, kalau anda penjual yang baik.

Nepis : Nego Tipis

Jual Santai : Jualnya tidak terburu-buru, jadi se-kejualnya. Kalau tidak terjual juga, iklan akan tetap dipajang.

Jual Butuh : Jual ingin cepat laku. Biasanya yang dicari para pembeli adalah yang  jual butuh.

Fullset : Barang yang dijual berserta kelengkapannya masih utuh seperti pada saat membeli baru.

Mulus : Tidak ada baret atau retak, atau tidak ada goresan.

Mahar : “Dimahar aja” = “Di-uangkan saja”


Tips Menjual HP android Second


Jika anda mau menjual HP Second, maka tips nya anda harus :

Jujur : Anda harus mengatakan semua kekurangan yang ada di HP anda. Jangan menutupi kekurangan HP anda. Karena tidak ada pembeli yang senang dengan pedagang yang menutupi kekurangan barangnya.

Berikan gambar yang jelas dan keterangan yang serinci-rincinya agar pembeli tidak usah mencari di Google tentang spesifikasi HP anda.  Jika ada kerusakan HP, misalnya penutup belakang (kesing) sudah tergores, atau ada yang retak, maka sebaiknya difoto lalu diupload.

Taksir harga : Anda harus mentaksir kira-kira berapa harga HP anda saat ini. Terutama dengan kondisinya. Misalnya jika kondisinya normal semua, tapi ada lecet pemakaian. Maka lecetnya itu sudah mengurangi harga. Untuk mudahnya, anda bisa cek di online. Bisa di tabloid pulsa, dan website lain mengenai harga second hp yang anda mau jual. Karena kadang ada penjual yang ngotot menjual HP yang sudah ada minusnya tapi harganya dipasang tinggi. Alias tidak sesuai dengan kondisi. Maka ini akan membuat pembeli jauh-jauh dari postingan anda.

Usahakan barang selalu Fullset. Barang yang fullset lebih dilirik oleh pembeli karena tidak perlu repot-repot beli kelengkapannya. Maka dari itu, kardus barang jangan pernah dibuang. Jika anda membeli HP baru, simpan baik-baik kardusnya, serta sebaiknya kelengkapannya dijaga agar saat mau dijual akan jauh lebih mudah mendapatkan pembeli.

Gunakan bahasa yang digunakan di FJB. Jika anda mau menjual maka kalimat iklan anda bisa jadi seperti ini : BU banget!. HP SS Gal Prime. COD Bogor, Nominus, Baru 2 Minggu.

Berikut ini contoh kalimat menjual di FJB Facebook yang saya ambil : 



Nah sekarang anda tinggal menunggu yang merespon. Jika anda sudah dapat yang merespon, anda bisa PM ke pembeli, lalu bernegosiasi. Jika negosiasi berhasil, anda bisa COD-an didaerah yang terbuka. Lebih baik anda membawa teman ketika COD. Karena kita tidak tahu kalau terjadi sesuatu. Sebaiknya anda meminta FC KTP sebelum COD-an. Hal ini hanya sebagai pembuktian bahwa benar orang yang akan bertemu ini tidak melakukan penipuan atau hal yang dikhawatirkan.

Saya berhasil menjual barang setelah posting kurang lebih 5 kali di grup yang berbeda. Sebaiknya jangan menunggu dari 1 grup saja. Jadi carilah grup yang banyak dan lapak yang berbeda supaya banyak kemungkinan untuk terjadi penjualan lebih cepat.

Tips Membeli Barang Second.


Jika anda berniat membeli barang second, maka yang pasti anda harus memeriksa kelengkapan barang. Ketika COD, jangan terburu-buru. Pastikan semua kelengkapan berfungsi. Dan periksa sampai detil mengenai barang yang dijual. Jika anda sudah puas memeriksa dan sudah selesai bernegosiasi, maka anda bisa langsung membeli barang tersebut. Saran saya, sebaiknya jangan membeli Hp second yang kalau anda beli harus servis. Harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.
Beli lah HP second yang siap digunakan.


Nah itulah beberapa tips dari saya agar Jual beli HP second anda bisa berlangsung aman tanpa ada PHP dan yang pasti cepat laku.

6 komentar: