Selasa, 22 Desember 2015

Waktu yang tepat buat internetan dengan sinyal kendur

Masalah internet memang tidak ada habisnya. Indonesia adalah salah satu Negara yang koneksi internetnya masih sering mengalami putus dan cenderung tidak stabil. Hal ini tentu membuat kita yang menggunakannya terkadang menjadi depresi. Sebab sering kali tuntutan kerja mengharuskan kita mengirim e-mail dan file dalam ukuran yang besar, sedangkan kondisi sinyal tidak pasti. Pekerjaan pun terhambat karenanya.

Dikutip dari teknonetwork.com, Indonesia masih menduduki posisi 10 terakhir negara dengan kecepatan internet yang lamban.  Bukan prestasi yang bagus sebenarnya. Ini mungkin menjadi alasan yang tepat mengapa kecepatan internet di daerah perkotaan sekali pun masih tidak stabil. Pengalaman penulis bahkan kerap kali harus ganti provider dalam berinternet.

Akan tetapi, penulis merasakan, ada beberapa waktu yang tepat sekali dijadikan waktu berinternet. Karena pada waktu-waktu tersebut, sinyal menjadi lebih stabil dan jarang terputus. Kapan sajakah waktu yang tepat untuk internetan, berikut jawabannya.


Bekerja didepan laptop

Pagi , pukul 5-7 WIB

Dari beberapa penyedia layanan yang penulis pernah coba, rata-rata semuanya memiliki kesamaan yakni pada jam 5 sampai jam 7 pagi WIB, sinyal ternyata lebih stabil dan jarang disconnect. Untuk itulah penulis sendiri yang berprofesi sebagai blogger dan internet marketer, lebih senang bekerja pada jam ini karena koneksi internet cenderung baik.

Sore, pukul 3-4 WIB

Biasanya setelah jam 7 WIB kecepatan internet mulai melambat. Malahan, sering juga terjadi disconnect. Ini acapkali terjadi pada jam-jam kerja sekitar jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Namun pada sore hari sekitar pukul 3-4 WIB sinyalnya masih bisa diandalkan walaupun tetap ada disconnect.

Cuaca – Hujan

Ada lagi waktu yang cukup bagus untuk melakukan selancar. Penulis entah berapakali melakukan browsing pada saat sedang hujan. Mungkin ini karena pada saat hujan pengguna internet menjadi lebih sedikit sehingga kepadatan pun menurun. Namun penulis tidak menyarankan hal ini karena dapat membahayakan keselamatan. Didaerah tempat tinggal penulis, hujan kerap disertai petir sehingga ngeri juga jika harus berinternet pada waktu tersebut.

Ada waktu yang baik ada juga yang buruk. Dan waktu-waktu terburuk untuk melakukan internetan adalah jam 4 sore sampai 11 malam. Jika tetap memaksa, itu hanya membuat baterai laptop cepat habis dan membuat panas modem karena dipaksa mencari sinyal yang tidak ada.

Nah, bagaimana dengan anda, apakah mengalami hal serupa?. Biasanya setiap daerah di Indonesia memiliki koneksi  yang berbeda-beda. Tentu waktu yang baik untuk internetan versi penulis ini hanya bersumber dari pengalaman pribadi. Yang jelas, pemerintah serharusnya lebih meningkatkan kualitas internet di negri Indonesia ini. Terlebih dari 88 juta pengguna internet di Indonesia, 3,5 % atau sekitar 3 jutanya berprofesi sebagai blogger.

1 komentar: