Senin, 23 Maret 2015

Opera Mini Android bagus atau tidak?

Opera Mini adalah browser paling tenar di Android. Opera Mini sangat bagus dalam hal penghematan data. Penghematan data yang diklaim oleh Opera Mini adalah sebesar 95%. Namun apakah benar Opera Mini bisa mengkompres data hingga mencapai angka tersebut. Berikut ini penulis mencoba mengulas sedikit tentang browser paling ringan di Android ini apakah bagus atau tidak?.

Opera Mini Android bagus atau tidak?

Opera Mini mampu mengompresi data hingga 95%.

Hal ini sangat benar sekali. Penulis pernah mencobanya untuk browsing selama beberapa hari. Hasilnya, sekitar 92% data berhasil dihemat. Seperti yang anda tahu, browser Opera Mini mampu menampilkan gambar dan teks diweb dengan sangat cepat bahkan jika sinyal dalam kondisi sekarat. Hal ini dikarenakan, Opera Mini mempunyai teknologi kompresi data yang mana saat data web berukuran ratusan KB, maka data tersebut akan diperkecil hingga 90%. Jika kita anggap sebuah web menampilkan data hingga 100 Kb, maka yang akan dibaca oleh Opera Mini hanya 5-10 KB saja.

Opera Mini dapat membuka lebih dari 10 tab sekaligus.

Ya, terkadang saat kita melakukan kegiatan browsing pasti menemukan kendala untuk membuka tab baru dalam jumlah banyak. Kita tentu perlu hal tersebut karena bisa saja kita ingin tetap membaca satu web di tab pertama dan ingin membuka link di tab baru. Hal ini sudah ditangani oleh Opera Mini. Anda bisa membuka hingga 10 tab lebih. Sampai saat ini, penulis saja tidak sampai 10 tab. Paling hanya mentok di 6 atau 4 tab saja. 

Opera Mini Mampu menampilkan gambar dengan kualitas prima

Di Android, kualitas gambar yang ditampilkan oleh Opera Mini memang tidak diragukan. Anda mungkin juga pernah mengalami gambar yang blur saat dibuka pada browser tertentu. Sekarang, dengan Opera anda akan disuguhi tampilan gambar yang baik dengan kualitas prima. Meskipun data sudah dikompresi, tetapi Opera tetap mempertahankan kualitas gambar. Jika anda ingin jauh lebih berhemat, anda bisa memakai fitur low pada pilihan gambar di opera mini. Hal ini akan memungkinkan anda untuk melihat gambar dengan hasil yang kurang maksimal tetapi lebih mengehemat data.

Terintegrasi dengan situs besar dengan adanya speed dial

Speed dial adalah link sebuah website yang ditampilkan secara grid layaknya anda mengakses menu di android atau ponsel pintar lainnya. Anda juga pasti sudah tahu fungsi dari speed dial. Ia akan mempermudah anda mengunjungi suatu halaman hanya dengan 'sekali klik tanpa ketik'. 


Selain itu, anda bisa mensave sebuah website misalnya anda ingin menyimpan gambar atau teks lirik. Maka dengan Opera, anda cuma tinggal menyentuh fitur yang disediakan. Secara keseluruhan ini sangat lengkap dan bagus. Beberapa Oprerator Selular Indonesia bahkan sudah menyediakan paket Opera mini yang tidak ada dibrowser lain. Ini juga suatu pertanda bahwa Opera mini memang layak untuk diacungi jempol.

Kekurangan : 

- Download file besar relatif lama dan sering disconnect. Namun penulis dengar sekarang ini sudah diperbaiki.
- File Crash / rusak saat diinstall. Penulis pernah beberapa kali mengalami ini. Opera mini tidak dapat dibuka dan harus diinstall ulang. Tapi mengingat ukurannya yang kecil, ini tidak masalah.
- Agak lelet jika sinyal darurat. Tidak perlu dijelaskan kan?. Anda tahu sendiri sinyal di Indonesia ini bagaimana, maka kita tidak bisa menyalahkan Opera. 

Jadi Apakah Opera Mini android bagus atau tidak?. Semuanya tergantung anda. Saya mengatakan bahwa Opera Mini android itu bagus.

1 komentar: