Senin, 29 Juni 2015

Samsung Galaxy V, Harga dan Spesifikasi

Sebulan lalu penulis membeli Samsung Galaxy V seharga 1,1 juta. Harga yang tidak murah, karena jika dibandingkan dengan android lokal, dengan 1,1 juta kita bisa mendapat spesifikasi yang lebih unggul diberbagai sisi. Meskipun spesifikasi samsung galaxy V ini masih minim, tetapi dari segi kualitas dapat dikatakan kalau galaxy v lebih menang dari yang spesifikasinya lebih tinggi tadi. 

Spesifikasi Samsung Galaxy V

Spesifikasi samsung galaxy v adalah sebagai berikut :
  • Layar 4 inchi
  • Kerapatan pixel 245 ppi
  • Kamera 3,15 Mp (belakang), vga (front)
  • RAM 512 Mb
  • Single Qore 1,2 Ghz
  • Dual SIM (micro SIM)
  • ROM 4 GB ( 2 GB system, 2 GB user)
  • Versi, Kitkat 4.2.2
  • Baterai 1500 mAh




sumber gambar : ww.tabloidpulsa.id

Dengan Spesifikiasi tersebut, kita sudah tahu bahwa smartphone ini dikhususkan untuk kalangan menengah kebawah. Sehingga tentu saja akan ada fitur yang menjadi minusnya. Tapi beberapa kelebihan pada samsung galaxy v ini sudah mengobat rasa kecewa penulis terhadap smartphone pabrikan lokal yang sangat cepat rusak. Berikut ulasannya,

Layar 4 Inchi, 245 PPI

Saat anda memutuskan untuk membeli smartphone baru, terutama jika anda ingin menggunakannya untuk bermain game, maka sebaiknya melihat dulu layarnya. Dalam hal ini, kerapatan pixel lah yang paling berpengaruh. Smarphone gaming sebaiknya memiliki kerapatan pixel yang tinggi sehingga memberikan kepuasan visual terhadap pemainnya. Sedangkan soal ukuran layar, penulis menilai bahwa layar 4 inchi lebih enak dibawa kemana-mana ketimbang  yang 5 inchi (ramah kantong). Tapi dari segi visual, jelas yang 5 inchi yang menang. Dengan layar 5 inchi tentu saja bermain game bisa leluasa menyentuh screen tanpa zoom ini itu. Dengan kerapatan mencapai 245 ppi layar samsung galaxy v menjadi sangat jernih.

Kamera 3,15 Mp (Belakang), vga front

Disektor kamera meskipun samsung galaxy v hanya dibekali kamera sebesar 3,15 Mp tapi berani diadu dengan kamera advan s4a. Hasilnya sangat jauh. Padahal sebetulnya kamera advan s4a sudah dibekali 5 Mp. Tetapi dari segi hasil, samsung galaxy v pemenangnya. Untuk kamera depan penulis tidak banyak komentar karena vga ya apa mau dikata?. 
Untuk hasil jepretannya silahkan dilihat dibawah ini.

Kucing bengong
kamera belakang galaxy v


Kamera depan (sang hari)

Sajadah
Dalam ruangan, malam hari
Kamera samsung galaxy v ini sudah dilengkapi dengan flash. Jika anda ingin memotret objek didalam gelap. Jika anda ingin mengambil gambar di dala ruangan pada malam hari, sudah disediakan mode malam yang hasilnya dapat anda lihat sendiri. Menurut penulis sangat bagus dibandingkan ponsel dengan kamera 5 MP tapi harganya 700 ribuan. Disini harga memang tidak bohong.

Video

Ini adalah video hasil rekaman kamera samsung galaxy v duos. Penulis tidak begitu sering menggunakan ponsel untuk merekam. Jika anda memang termasuk orang yang sering menggunakan ponsel untuk merekam video maka silahkan memilih smartphone lain yang berkamera lebih tinggi. Hasil rekaman video galaxy v ini cukup bagus karena tidak banyak noisenya. Tentu saja karena disiang hari. Sementara tidak diuji pada malam hari atau didalam ruangan.



Ram 512 Mb, Cpu Single Qore 1,2 Ghz

Seperti biasa, sudah umum kalau samsung memang sedikit pelit soal Ram. Padahal dengan menambah sedikit uang sekitar 100 ribu rupiah saja kita sudah bisa membeli Asus Zenfone 4 yang memiliki Ram sebesar 1 Gb. Tapi selama ini, karena penulis tidak memakainya untuk multitaksing dan menginstal banyak aplikasi, jadi tidak pernah lemot.

Berbagai aplikasi yang diinstall dan dapat dijalankan dengan lancar adalah : Aplikasi bawaan (Google all product), BBM, Game Castle Clash, Camera 360, Blogger.  Dengan aplikasi yang sedikit tentu saja pemakaian ram juga sedikit yakni sebesar 316 Mb dari 512 Mb. Masih ada space yang cukup untuk diinstall aplikasi lain.

Yang membuat penulis agak sedih adalah kenapa masih single core?. Walaupun kecepatan cpu-nya sudah mencapai 1,2 Ghz tetap saja pasti ada istilah lelet. Hal ini karena dengan satu cpu maka semua tugas dibebankan pada satu cpu saja. Sementara pada dual qore, perintah dijalankan oleh dua buah cpu. 

Dual SIM (micro SIM)

Dengan fitur ini penulis yakin orang Indonesia sangat terbantu. Semua smartphone saat ini khususnya yang akan dipasarkan di Indonesia seharusnya sudah meninggalkan satu SIM. Semua sekarang butuh dual sim. Alasannya, tidak semua orang pakai kartu yang sama. Tidak semua kartu sinyalnya bagus didaerah tertentu. Jadi  ini alasan penulis selalu membeli smartphone yang dual sim.

ROM 4 GB, bisa ditambah external sampai 32 GB

Penulis tidak membeli external card karena tidak begitu sering memakai HP sebagai tempat penyimpanan file. Sehingga 2 GB saja sudah cukup. Perlu diketahui bahwa semakin banyak anda menyimpan file didalam internal/external memori maka kecepatan android dapat menurun. Ibarat sebuah truk yang mengangkut beban 2 ton. Jika truk tersebut dikurangi bebannya hingga 100 Kwintal saja maka laju truk dapat dipercepat. Begitu juga dengan android maupun komputer.

Versi android : Kitkat 4.2.2

Penulis puas dengan samsung galaxy v yang sudah dibekali sistem android kitkat. Karena saat dipakai buat menjalankan aplikasi apa saja tidak lelet, bermultitaksing menjadi sangat mudah. Namun demikian tampilannya jadi sedikit tidak eksotik. Tenang, ada solusi untuk hal tersebut. Jika ingin merubah tampilan saja, maka kita bisa memasang aplikasi launcher yang dapat didownload secara gratis alias free di playstore.

Baterai 1500 mAh

Dengan baterai sedikit lebih besar dari 1200 mAh, penulis masih merasakan kalau samsung galaxy v tetap boros baterai. Dalam sehari penulis masih harus mencharge dua kali. Pagi dan sore. Namun yang menjadi poin plus disini, biasanhya samsung selalu memberikan baterai 1200 mAh pada produknya yang berharga dibawah 1, 5 juta. Tetapi pada kali ini samsung memberikan 1500 mAh.

Kesimpulan

Dengan harga yang wajar, samsung kini berani menghadirkan ponsel berkualitas untuk segmen menengah kebawah. Samsung galaxy v adalah smartphone yang cukup memberikan kepuasan bagi anda yang menginginkan ponsel pintar dengan harga wajar dengan spesifikasi yang wajar juga. 

Kelebihan : Kitkat, dual SIM, Layar keren.
Kekurangan : Masih single core, ram kecil.

0 komentar

Posting Komentar