Senin, 02 Februari 2015

Fungsi Root android paling lengkap

Root berarti membuka sistem android. Melakukan root akan mengijinkan kita untuk menjalankan beberapa aplikasi yang tidak diperbolehkan google untuk dipasang. Mengapa root dilarang oleh google?. Itu karena akan merusak segel garansi dan juga mudah terkena virus. Bisa jadi virus yang tadinya tidak bisa masuk sistem karena terkunci, akan dengan mudah merusak perangkat anda saat sudah di root. 


Arti Root dari segi bahasa

Jika, ditilik dari segi bahasa. Root berasal dari bahasa Inggris yang artinya akar. Jika dihubungkan dengan android, melakukan root artinya kita sedang "menggali akar". Fungsinya agar kita tahu apakah ada kemungkinan untuk android bisa tumbuh lebih kuat atau mentok hanya disitu saja. Ibarat pohon dengan akar yang kuat, jika kita berhasil dalam proses root itu maka android bisa benar-benar berbeda 100% dari aslinya. Paling tidak ada perubahan performa yang ditunjukan. Namun jika gagal, mungkin malah akan kehilangan beberapa fungsi. Jadi root ini seperti pisau bermata dua, tajam dimuka dan dipunggung. Kalau kita salah langkah, bisa bisa android kesayangan akan rusak. Sebaliknya kalau bisa dipakai dengan baik, maka kualitasnya meningkat tajam.


Fungsi Root android paling lengkap


Bahayakah  melakukan root pada android?

Dari sudut pandang penulis, saya katakan ya dan tidak. Walaupun persentasinya adalah 60 : 40. Artinya bahaya itu tetap ada dan lebih besar kemungkinannya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, root akan membuka kunci masuk, dan semua aplikasi diperbolehkan. Sementara tidak ada filter yang bisa mencegahnya. Otomatis android akan lebih mudah rusak karenanya. Namun ada 40, yaitu saya pribadi memperbolehkan root dengan tujuan yang baik. Terkadang, aplikasi android bawaan benar-benar tidak berguna. Untuk apa menyimpan mereka berlama-lama di HP kita?. Hanya akan membebani saja. Lebih baik dihapus jika memang tidak perlu. Masalanya adalah, bisakah anda meng-uninstall aplikasi bawaan?. Tidak. Kecuali jika anda sudah meroot-nya terlebih dahulu. Jadi itu adalah hak anda. Ini juga bagus : Bagaimana screen shot android tanpa root?

Kesimpulan : 

Root adalah proses yang punya manfaat dan kerugian. Hilangnya garansi dan adanya kemungkinan virus untuk menyerang sistem yang sudah dibuka. Tapi disisi lain, beberapa hal bisa kita dapatkan yaitu menghapus aplikasi bawaan yang tidak berguna. Boleh tidaknya dikembalikan kepada anda, jika merasa perlu silahkan dan jika tidak maka lebih baik lupakan saja.


1 komentar: