Sabtu, 31 Januari 2015

Bagaimana screen shot android tanpa root?

Untuk dapat melakukan screen shot pada android tanpa root, hanya ada dua cara. Yaitu dengan cara manual dan dengan menggunakan aplikasi. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkahnya.

1. Screen shot android manual

Untuk melakukan screen shot android secara manual bisa dengan cara menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Cara ini biasanya bekerja pada android apapun. Namun terkadang ada beberapa handphone yang tombolnya sulit ditekan. Jika ini terjadi, silahkan ketik dipencarian google dengan kata kunci yang anda mau. Caranya : Ketikan kata "Screen shot (handphone anda)". Setelah itu mesin google akan bekerja mencarikan cara screen shot untuk handphone tersebut.

Anda juga bisa menggantinya dengan tombole power dan home. Keduanya ditekan selama dua detik bersamaan.


Bagaimana

2. Cara screen shot menggunakan aplikasi.

Ada banyak sekali aplikasi screen shot untuk android. Sayangnya hanya ada satu dua yang bisa tanpa harus root. Selain itu semuanya rata-rata harus melakukan proses root dulu. Aplikasi yang bisa anda gunakan antara lain : Tidak ada!. Mengapa?. Sebenarnya aplikasi yang anda install tersebut nantinya hanya akan menunjukan caranya saja. Misalnya apa bila handphone anda adalah merk samsung. Maka aplikasi akan memberitahu bahwa cara screen shot di HP anda adalah dengan tekan tombol ini. Seperti itu. 

Saat penulis mencoba berjelajah di Play store, memang banyak sekali aplikasi screen shot. Tapi hanya untuk android 4.0 ke atas atau android anda juga harus di root terlebih dahulu. Hampir semuanya ditiadakan oleh google karena dianggap proses root itu bisa mengancam keamanan android anda. Sehingga screen shot yang manginginkan proses root tidak akan diijinkan di android. Untuk masalah ini berarti penulis hanya mengambil satu kesimpulan, untuk melakukan screen shot tanpa root berarti anda harus melakukan cara manual seperti yang sudah dijelaskan diatas.

2 komentar:

  1. bukannya sudah disediakan smartphonennya fitur untuk screnshoot ya ...
    solder uap digital

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sebuah smartphone mengalami kegagalan mengambil screenshot, maka aplikasi ini bisa diandalkan.

      Hapus